Game Engine : OGRE vs DELTA (Part 1)

Bagi temen-temen yang pernah buat animasi atau mau buat game, mungkin udah denger kedua game engine diatas ya?

Tapi bagi yang pemula (kayak saya. he) perlu tau dulu tentang game engine tersebut. Saya kenalin satu-satu ya.

Sebenernya banyak game engine yang lainnya, tapi pada pembahasan ini saya akan mengulas tentang kedua game engine yang udah disebut diatas.

Persamaan dari kedua game engine tersebut adalah sama-sama open source😀

OGRE

OGRE (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah engine yang objek oriented fleksible 3D          rendering pada game engine yang ditulis dalam bahasa C++ serta didesain mampu berkembang . Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct 3D dan OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia object dan class object yang lebih tinggi. Yang dilakukan hanya mentranslasi dan merotasikan entitas yang memiliki animasi.

Ogre merupakan sebuah open-source rendering grafis engine yang dibuat dan dirawat oleh tim kecil core, yang dikontribusikan dan dikembangkan oleh komunitasnya. Ogre dapat menjadi engine yang berkembang di kemudian hari karena sifatnya yang open source. Ogre dikembangkan oleh official Ogre team page.

Ogre berjalan pada berbagai tools graphics 3D yang sesuai compatible dengan Ogre, meskipun performa pasti akan berbeda-beda. Ogre didukung C + + compiler (misalnya VisualStudio atau Code:: Blocks / MinGW).  Akhirnya, akan diperlukan sebuah tempat untuk isi program 3D.

Ogre dijalankan dengan script C++, namun dapat pula dengan bahasa lainnya yaitu pada Python (Python-Ogre), Jawa (Ogre4j) dan untuk. NET languages – C # dan VB.NET – (MOGRE). Ogre adalah sebuah komponen dalam pengembangan yang lebih besar.

DELTA 3D

Delta3D adalah game engine open source yang banyak digunakan dalam pembuatan game. Delta3D menawarkan fitur yang dikhususkan pada simulasi dan modeling, serta integrasi dari High Level Architecture (HLA), After Action Review (AAR), large scale terrain support, and SCORM Learning Management System (LMS).

Tunggu tutorial selanjutnya ya..

Sumber :

http://www.delta3d.org/

https://afinaa.wordpress.com/

http://www.vebry28holic.co.cc/2010/04/tutorial-install-delta3d-di-ubuntu-606.html

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: