Membuat model karakter dengan 3ds max 9

Mengenal 3ds max 9

Sebelum kita akan membuat karakter dengan 3ds max 2009, ada baiknya kita mengenal terlebih dulu lingkungan kerja dari si pintar ini. Berikut adalah tampilan dari 3ds max 9.

  1. Menu Bar merupakan sederetan kumpulan perintah dalam bentuk teks. Menu bar terdapat dibagian atas jendela program.
  2. Tool bar merupakan tombol perintah dalam bentuk gambar.
  3. Command panel merupakan perintah-perintah utama.
  4. Object categories merupakan pilihan untuk membat jenis object.
  5. Rollout merupakan menu yang dapaat diringkas.
  6. Viewport merupakan tempat untuk membuat object.
  7. Animaton Control digunakan untuk mengontrol animasi.
  8. Animation Keying Controls berfungsi membuat animasi.
  9. Coordinate Display berfungsi menampilkan status transformasi pada object.
  10. Time Slider digunakan untuk memindahkan frame demi keperluan animasi.
  11. Viewport Navigation Control berfungsi mengatur pandangan viewport yang terletak di sebelah kanan tampilan autodesk.

Nanti untuk kedepannya, kalian akan terbiasa dengan lingkungan dari 3ds max 9, sejalan dengan semakin seringnya kalian mencoba.

Setelah mengenal lingkungan kerja pada 3ds max 9, kita akan mengetahui bagaimana membuat karakter model dengan menggunakan 3ds max 9 ini. Kita mulai dari yang mudah dulu ya.  (maklum aku juga masih belajar 😛 )

Sekarang kita akan buat object yang sederhana yaitu kotak.

  1. Pada panel create lalu pilih geometry.
  2. Klik tombol box pada creation method. Disana terdapat pilihan cube dan box. Cube digunakan untuk membuat kubus (dimana semua sisinya sama panjang). Dan box untuk membuat kotak. (ukuran panjang, lebar dan tinggi tidak sama ukurannya).
  3. Selesai. it’s so easy right?

Hal yang sama dapat kita lakukan juga untuk membuat object lainnya. Seperti kerucut, silinder, teapot, piramida dan lain-lain. Pilihan pembuatan object ini terdapat pada object type.

Kita akan membuat sebuah model rumah sederhana dengan menggunakan box dan pyramid.

  1. Buat sebuah pyramid.
  2. Lalu buat box dan letakkan dibagian bawah pyramid. Hingga menghasilkan gambar berikut.

Lalu kita akan menambah efek lighting.

  1. Pilih lights pada panel yang berada di kanan atas.
  2. Lalu pilih omni. Omni adalah objek yang bersumber dari satu titik dan menyebar ke semua arah.

Kemudian jika kita memilih titik light lainnya maka hasilnya kan seperti ini.

Kemudian jika kita meilih free spot, maka hasilnya menjadi seperti ini.

Free spot adalah efek pencahayaan yang berasal dari salah satu viewport yang kita pilih. Missal kita pilih pencahaayan dari arah depan, maka kita klik pada viewport front.

Untuk selanjutnya, kalian dapat memodifikasi sendiri model yang kalian buat.

Semoga bermanfaat ya..

Sumber :

Dibantu oleh buku Panduan Belajar 3ds Max 9

“silahkan menyalin dengan menyertakan url-nya”

afinaa.wordpress.com

  1. Sip.. Ayo terus di update dong… sebarkan ilmu..

  2. keren..

    • Taufiq H st
    • April 2nd, 2010

    Bagus nih,Langkah yang Baik tuh…, klo boleh saran mendingan Fina buat tutor dgn capture vdeo aja, step by step yg psti buat modeling yg mudah dl, tutornya mulai dari tols2, layout, top, front, left, right & perspetive kmudian penggunaan : tools create geometry Box , & menggunakan fungsi ddlmnya. tools modifier list yg mudah sperti, edit poly, mesh. cara menggunakan vertex,edge,border, polygon, element, ntar klo udah mahir lanjut ke tools lainya./ Taufiq H St, dulu pernah menggeluti bidang (VGM) Visualizer Graphic Multimedia.

  3. kunjungi situs saya….

    pembuatan karakter hidup…..

  4. bagus….!

    • Asgar
    • November 23rd, 2012

    good sebarkan terus ilmunya gan biar banyak pahale…he…he…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar