Game Dalam Komputer

Sebelum membahas game dalam komputer, terlebih dulu saya akan memaparkan pengertian dari game.

Menurut A. Nilwan dalam bukunya “Pemrograman Animasi dan Game Profesional” terbitan Elex Media Komputindo, game merupakan permainan komputer yang dibuat dengan teknik dan metode animasi. Jika ingin mendalami pengunaan animasi haruslah memahami pembuatan game. Atau jika ingin membuat game, maka haruslah memahami teknik dan metode animasi, sebab keduanya saling berkaitan. Namun untu sekarang, saya akan lebih menitikberatkan pada game.

Game terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

  • Game online
  • Game komputer
  • Game video

Pertama, saya akan membahas tentang game online. Game Online atau sering disebut Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet). Perkembangan game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan computer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang. Games Online saat ini tidaklah sama seperti ketika games online diperkenalkan untuk pertama kalinya.

Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, computer hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah computer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama (Multiplayer Games).

Lalu pada tahun 1970 ketika muncul jaringan computer berbasis paket (packet based computer networking), jaringan computer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah mencakup WAN dan menjadi Internet. Game online pertama kali muncul kebanyakan adalah game-game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan militer yang akhirnya dilepas lalu dikomersialkan, game-game ini kemudian menginspirasi game-game yang lain muncul dan berkembang. Pada tahun 2001 adalah puncak dari demam dotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai game online semakin cepat.

PERKEMBANGAN GAMES ONLINE DI INDONESIA

Menurut Ligagame Indonesia(ligagames.com), game online muncul di Indonesia pada tahun 2001, dimulai dengan masuknya Nexia Online. Game online yang beredar di Indonesia sendiri cukup beragam, mulai dari yang bergenre action, sport, maupun RPG(role-playing game). Tercatat lebih dari 20 judul game online yang beredar di Indonesia. Ini menandakan betapa besarnya antuiasme para gamer di Indonesia dan juga besarnya pangsa pasar games di Indonesia. Berikut adalah game online yang hadir di Indonesia:

contoh game online diatas hanyalah sebagian kecil dari banyaknya game online yang beredar saat ini. Mengingat pesatnya perkembangan teknologi saat ini, maka game online pun akan semakin berkembang pesat.

Tipe-tipe game online

  • First Person Shooter(FPS), sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan).
  • Real-Time Strategy, merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.
  • Cross-Platform Online, merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).
  • Browser Games, merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.
  • Massive Multiplayer Online Games, adalah  game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata.

Dampak baik dan buruk game online

Game online muncul tidak hanya mempengaruhi kehidupan social pemainnya dalam dunia nyata tetapi juga terkadang mempengaruhi kejiwaan seseorang apabila memainkannya terlalu lama. Seperti yang dilansir ketok.com, gara-gara sebuah game, seorang pemuda di amerika serikat nekad menusuk temannya sendiri. Bahkan anak-anak yang kecanduan bermain game sering membolos dari sekolahnya agar bisa melanjutkan petualangannya di dunia maya.

Akan tetapi dari segi bisnis, game online masih memiliki prospek bagus kedepannya. Dengan kehadiran games online ini, orang-orang bisa menciptakan lapangan kerja sendiri yaitu games center, atau menjadi pengembang games sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Game online juga bisa meningkatkan kemampuan bekerja sama pada otak anak seperti yang dilansir ketok.com.

Selanjutnya adalah game komputer. Permainan komputer (bahasa inggris : computer game ) adalah permainan video yang dimainkan pada komputer pribadi, dan bukan pada konsol permainan, maupun mesin ding-dong. Permainan komputer telah berevolusi dari sistem grafis sederhana sampai menjadi kompleks dan mutakhir. Namun, pasar permainan komputer di Amerika Serikat mulai menurun sejak tahun 1999.

Pangsa Pasar Game

Pangsa pasar aplikasi game portabel yang biasanya dikuasai oleh Sony kini telah diambil alih oleh Apple. Kenaikan yang dialami Apple tak lain karena kian banyaknya pengguna game dari piranti iPhone dan iPod Touch. Apple di tahun 2009 berhasil meraih 19% dari ‘kue’ penjualan software game portable di Amerika. Angka ini naik 5% dari tahun sebelumnya.
Sedangkan Sony kebalikannya. Piranti PlayStation Portable milik Sony mengalami penurunan market share. Dari yang tadinya 20% di tahun 2008, turun drastis menjadi 11% di tahun berikutnya.

Meski demikian, keduanya masih belum mampu menandingi kedigdayaan Nintendo. Meski pasar game Nintendo DS turun dari 75% ke 70% di tahun ini, namun baik Sony maupun Apple masih jauh untuk bisa mendekatinya. Dalam posisi ini, yang bisa dibilang tertekan justru adalah Sony. Sebab, pasarnya berpotensi akan semakin dikalahkan oleh Apple mengingat perusahaan milik Steve Jobs tersebut merilis iPad yang juga bisa mendukung penerbit game dari pihak ketiga.

“Dengan layar yang lebih besar dan kekuatan prosesor yang lebih mumpuni, game di tablet semakin menghantui PC dan game konsol,” ujar analis dari Flurry Analistic yang juga menerbitkan laporan soal peta pasar game di atas.

sumber :

http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/05/dasar-dasar-teori-permainangame.html

http://openpdf.com/ebook/pengertian-game-pdf.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Permainan_komputer

http://www.srigemilang.web.id/forum/showthread.php?t=3833

  1. wah, makasih ya mbak postingnya, bisa jadi referensi tugas akhir saya..

  2. sama2..
    makasih udah berkunjung ^_^

  3. nice info…

    info yang temanya sama tapi isinya lain ada pada blog saya

  4. blognya bagus mas, jangan lupa mampir ya di website saya

    • “mas” waduh saya bukan “mas” -_-

  5. Thanks the news.

    Free Games Farm Frenzy 2

  6. Thanks a ton for spending free time to compose “Game Dalam Komputer blognya fina”.

    Many thanks for a second time ,Jamaal

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: