Dorama : Scrap Teacher

konnichiwa 🙂

hmm abis nonton dorama itu, jadi pengen nulis sesuatu. Tapi bukan tentang sinopsis atau para pemainnya. Aku pengen ngebahas tentang betapa besar pengaruh niat dalam suatu perbuatan. Benarlah dalam suatu hadis Rasul yang menyebut bahwa sesuatu itu tergantung niatnya. Karena aku pernah dengar kalo niat memegang setengah dari suatu perbuatan. Sepertiganya adalah keikhlasan dan sisanya perbuatan itu sendiri. Berarti 1/2 (niat) + 1/3 (ikhlas) = 5/6, berarti untuk menyempurnakannya tinggal 1/6 lagi, yaitu perbuatan yang akan dilakukan.

OK,  mari mulai bahas tentang dorama itu. Menurut aku, ini adalah salah satu dorama yang bisa ditonton sebagai penggugah untuk mengubah keadaan. Mengubah sesuatu itu sulit. Kendalanya banyak. Apalagi jika orang-orang disekitar udah men-judge gak akan berhasil. Istilahnya “Nyerah aja lu!!”. Tapi kao niat kita lurus dan tulus ikhlas ngelakuinnya. Pasti bisa ngerubah keadaan. Mulailah dari sendiri.  Selanjutnya keadaan akan mengikuti perubahan dirimu.

Sugi Sensei adalah seorang guru sekolah menengah yang udah gagal berkali-kali dalam ujian menjadi guru. Ehh sekalinya diterima,  ngajar disebuah sekolah yang akan dibubarin tahun depan. Para muridnya gak punya semangat. Para gurunya gak punya harapan. Sekolah hancur. Kepala sekolah depresi. Beeuuuhh, lengkap pisan euy -_-“.

Dia hampir gak pernah mikirin tentang dirinya (gak egois) tapi berusaha mikirin jika ia di posisi murid. Berusaha memahami perasaaan murid. Sekecil apapun. Baginya semua murid sangat berharga. Sekalipun udah pernah dipukul muridnya sampe hidungnya berdarah (hehehe duh kasian banget sugi sensei. tapi dia malah bilang kalo muridnya itu g mukul, padahal jelas-jelas hidungnya disumbat sama tisu..hehehe sugi sensei)

Dorama ini menggugah banget, menuju perubahan. Mencapai mimpi yang kata orang gak bakal mungkin. Gaka bakal tercapai. Selain Sugi sensei, yang lainnya adalah Takasugi, Yoshida dan Irie. Mereka selalu menolong dan memberi pelajaran ke guru-guru yang dianggap “scrap teacher” hingga akhirnya para guru itu sadar dan mulai berubah. Mereka murid pindahan yang misterius. Gak tau asalnya dari mana (Ada ya yang pindah ke sekolah itu, padahal itu sekolah mau dibubarin. Kayaknya mereka punya misi..But I love their mission). Dan yang aku sukain lainnya adalah mereka gak berusaha untuk nampilin pertolongan yang mereka lakuin. Hampir gak diketahui sama yang lain. Kecuali oleh sugi sensei, kusaka dan Nn. Taki.

Selain sugi sensei, ketiga murid misterius itu, juga ada kusaka (murid yang udah sekolah di sekolah itu), juga Nn. Taki (Guru paruh waktu yang hampir kata-katany gak pernah didengar hanya karena dia guru paruh waktu). Mereka punya cara sendiri untuk ngubah sekolah itu dan berusaha gak dibubarin. Meskipun caranya beda-beda.

Seperti halnya kita, punya cara masing-masing. Keunikan masing. Karakter masing-masing. Karena Allah menciptakan manusia penuh dengan kebaikan. Kemuliaan. Jangan berharap menjadi orang lain. Tapi mainkan peran keunikan masing-masing.

Ketika impian atau mimpi yang kita tancapkan di-judge takkan berhasil oleh orang lain bahkan oleh diri sendiri. Coba diresapi lagi, telaah lebih lanjut lagi, bukankah orang-orang yg sukses pernah dicela mimpi-mimpinya? Tapi ya yang wajar-wajar aja kalo mimpi. Jangan cuma mimpi tapi gak dilakuin.

Hal pertama yang dilakuin adalah :

1. Luruskan niatmu. Bismillah. Berdoa. Lalu tuliskan impianmu.

2. Pilih ladang yang akan kamu garap untuk mimpi itu. Dan tentukan step by stepnya. (yakinkan bahwa kamu lakukan dengan senang dan tulus)

3. Lakukan step by step. Jangan sekaligus. Ntar kalo udah bosen, malah kabur lagi. zzzzzzZZzzzzz janganlah ya.

4. Yakinkan diri bahwa itu akan tercapai. Dan iringi perjuangan dengan tawakkal. Supaya ketika sasaran gak tercapai, kita gak stress apalagi depresi. Siapkan kemungkinan terbaik dan kemungkinan terburuknya.

5. Apapun hasilnya, Allah maha tahu yang terbaik untuk hambaNya. Karena kita ciptaannya. Dia maha tahu yang terbaik untuk hambaNya.

So, mari berubah dan mengubah!!!

ciiiiaaaattt… ^^

  1. nice artikel gan

    • Shinn Chinen yuri
    • Juni 9th, 2011

    Sugoii…dorama yg patut di tonton…uh apalagi c’yama-chan yg gw pikir d dorama nie dya bakal jd cowk cool.kakkoi d kagumi ama cwek2 eh trnyata malah sebaliknya konyol abiz,c’chii-chan yg tambah hari makin kawaii jha and jd agak lebih tinggi nie kayaknya^^,c’yuto-chan tetep kakkoi and tmbh tinggi,c’dai-kun nie abangku yg makin hari makin kakkoi deh…
    Pkoknya ganbatte c’lalu bwt pra anggota HEY! SAY! JUMP nie…

    • makasih udah berkunjung ^^
      aku suka banget sama J-Drama ini🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: