Usaha Kecil Menengah : “Dari Awal Menjadi Bekal”

Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Serta usaha yang berdiri sendiri.

Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.” Di Indonesia, jumlah UKM hingga 2005 mencapai 42,4 juta unit lebih.

Salah satu hal yang membuat suatu bisnis Usaha kecil maju dan menuai hasil yang baik adalah pada perencanaan usaha yang matang. Salah satu kiat sukses bisnis berada pada  perencanaan  usaha yang didasarkan pada analisa terhadap beberapa faktor yang akan berpengaruh pada kelangsungan usaha bisnis yang dijalani.  Analisa bisnis ini memegang peranan yang cukup penting bagi usaha kecil. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis usaha kecil, faktor tersebut berasal dari internal usaha kecil dan berasal dari eksternal bisnis.

Salah satu contoh UKM yang ada adalah Loekis Collection, merupakan sebuah Usaha Kecil Menengah di bilangan Tanah baru, Depok. Usaha ini dirintis oleh Tati Sulasmana, seorang ibu paruh baya yang juga membuka usaha Catering. Loekis Collection ini merupakan usaha yang dikembangkan dengan kreatif oleh Ibu Tuti. Dari sebuah barang polos, dapat disulap indah menjadi barang yang bernilai tinggi. Beberapa barang yang dapat dilukis antara lain : gelas, sepatu, mukena, tas mukena, taplak meja, tempat tisu dan berbagai barang lainnya. Cat yang dibutuhkan dalam melukis ini haruslah cat yang warnanya tidak mudah luntur jika terkena air serta memiliki keawetan dalam segi kualitas dan warna.

Loekis Collection sudah semakin berkembang seiring dengan semakin meningkatnya konsumen yang tertarik dengan hasil karya ini. Peminatnya pun beragam, mulai dari ibu-ibu sampai mahasiswa. Pernah suatu ketika ada mahasiswa yang datang ke rumahnya untuk mewawancarainya kemudian Bu Tuti dengan senang  hati juga mengajarkan teknik melukis ini. Selanjutnya para mahasiswa tersebut mengikuti jejak kreatifitas Bu Tuti, dan beliau sama sekali tidak keberatan.

Kreatif, merupakan awalan yang dapat menjadi bekal menuju kesuksesan. Dengan kerja keras yang disertai tawakal, insya Allah semua akan tercapai.

Jadi, apa ide kreatif kamu?🙂

    • Muhammad amin
    • November 4th, 2010

    Tulisan yang bagus dan menginspirasi. Mari para anak muda kita wujudkan ide2 kreatif menjadi satu usaha yang akan memperkaya ekonomi bangsa ini

    • mksh udh berkunjung..semoga bermanfaat🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: