Delta3D “Environment Tutorial Part I”

Apa sih Delta3D?? Delta3D adalah sbuah game engine yang berbasiskan bahasa C++. Untuk melihat tutorialnya dalam bahasa inggris, dapat Anda klik  disini.

Nah, sekarang saya akan menjelaskan tentang Environment Tutorial Part I.  Silahkan dibaca, semoga bermanfaat ya..

Delta3D engine menyediakan satu set fungsi yang powerful untuk membuat dan memanipulasi environment. Dalam set tutorial ini, kita akan mengetahui cara mengatur kondisi environment yang berbeda seperti Awan, dan kabut.

Membuat Awan

Kita akan mulai dengan mengatur sebuah scene baru dengan medan yang tak terbatas dan model gerakan berjalan. Coding diambil dari tutorial Hello World. Selanjutnya edit konfigurasi file tersebut.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan tentang kode baru ini adalah pengaturan untuk area tersebut. Anda dapat mengatur skala untuk area yang akan Anda buat. Disini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan ketinggian dan tekstur dari medan yang dihasilkan. Regenerate () memungkinkan Anda untuk membuat area dengan pengaturan yang telah Anda pilih.

Hal selanjutnya yang mungkin Anda lihat berbeda dalam coding ini adalah baris “walk->SetScene(GetScene());” Baris ini menyediakan Scene untuk model gerakan berjalan dan memungkinkan objek yang dijadikan model dapat menempel dengan medannya. Dengan cara ini seolah-olah tampak sedang berjalan di atasnya.

Sekarang kita ingin menambahkan environment ke dalam scene. Untuk melakukannya, tambahkan baris kode berikut ke instantiate bagian Objects:

Ini akan menciptakan sebuah environment baru bernama env. environment harus ditambahkan ke scene sebagai drawable. Untuk melakukan hal ini tambahkan Objek berikut ke dalam scene dengan menyisipkan code:

Jika Anda mem-build dan me-run code yang sekarang Anda dapat menemukan area tersebur blacked-out. Ini adalah fitur lanjutan environment dari Delta3D. Environment memungkinkan Anda untuk mengatur waktu. Jadi, jika malam hari saat Anda melakukan tutorial ini Anda melihat sebuah scene yang gelap. Untuk mengatasi ini Anda dapat secara manual mengatur tanggal dan waktu Anda sendiri untuk scene Anda. Untuk melakukannya, tambahkan baris code berikut setelah menyetting area dan sebelumnya tambahkan objek ke scene :

Ini digunakan untuk menyetting tanggal dan waktu untuk scene sampai dengan 30 Nopember 2004 pada pukul 15:01:01. Ini akan memberikan kita sebuah scene yang tampak cerah sehingga kita dapat melihat awan dan areanya.

Sekarang untuk membuat awan, tambahkan 2 baris code berikut setelah membuat environmnet baru:

Inilah semua yang perlu Anda lakukan untuk menambahkan awan ke scene Anda. Jika diperhatikan mungkin terlihat sulit melihat-lihat pemandangan dengan menggunakan model gerakan berjalan.

Maka agar menjadi lebih baik dapat beralih ke model gerak orbit. Untuk melakukannya, ganti code ini:

Dengan code berikut :

Perhatikan, bahwa Anda tidak memberikan scene untuk model gerakan orbit. Sekarang Anda dapat melihat scene Anda.

Awan diatur oleh 8 parameter.

Dengan mengubah parameter-parameter tersebut, Anda dapat mencipatakan pola awan yang berbeda-beda

Hasil akhir dari konfigurasi file ini akan terlihat seperti berikut:

Sumber :

http://www.delta3d.org/

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: