Pembuatan Video dengan 3DS MAX 9

Ini merupakan langkah-langkah contoh pembuatan file video dengan type avi yang dibuat dengan menggunakan 3DS MAX 9. Video ini berisi sebuah gelas dengan efek bayangan yang pecah.

Selanjutnya klik panel modify dan pilih Lathe. Lalu aktifkan Axis. Setelahnya, arahkan select ke objek dan bentuk sesuai ukuran yang diinginkan.

Perlebar mulut gelas dengan menggunakan lines di awal. Klik lines yang berada di bawah lathe. Kemudian pilih vertex. Tentukan sendiri besar muult dari gelas.

Ini adalah tampilan dengan mulut gelas yang sudah terbuka.

Kemudian kita tambah efek mirror pada objek. Pada modifier list pilih mirror. Tentukan sumbu mirror pada rollout parameters.

Kemudian kita tambahkan efek lantai dengan menggunakan plane. Dan juga efek pencahayaan dengan menggunakan lights (Seperti yang telah diulas pada tulisan sebelumnya).

Selanjutnya kita akan tambahkan efek pecah pada gelas ini. Pertama-tama kita buat dulu PArray untuk membantu menambahkan efek itu. Pada panel create pilih partycle system dan pilih PArray.

Kemudian pada basic parameter pilih pick camera. Kemudian klik objek gelas. Lalu pada particle formation pilih over entire surface. Tentukan pula speednya pada particle generation. Dan pada particle type pilih object fragments. Ini untuk memunculkan efek pecah pada gelas.

Setelah gambar selesai, hal selanjutnya adalah kita buat animasi waktunya.

Kita akan menggunakan Auto Key. Aktifkan objek gelas dan geser time slider ke waktu yang kita tentukan.

Lalu aktifkan objek gelas yang lainnya. Selanjutnya geser time slider ke frame akhir yang diinginkan. Missal frame 100/100. Lalu tekan klik kembali Auto Key. Untuk melihat hasilnya klik tombol Play.

Selanjutnya kita dapat menyimpan file video ini. Caranya adalah dengan menekan tombol F10. Pada Time Output, pilih Active Time Segment. Kemudian pada Render Output, klik Files.

Ini digunakan untuk menyimpan video. Maka, kita perlu mentukan nama file dan typenya. Dan klik save. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Untuk hasil terbaik pilih Uncompressed.

Kemudian klik OK. Selesai.

Mungkin tutorial ini masih sangat sederhana, dengan objek yang masih sederhana pula, tapi semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman yang tertarik mendalami pemodelan karakter dengan 3ds max, khususnya 3ds max 9.

😀

    • Omar
    • Oktober 16th, 2010

    Salam.. thanks sangat beritahu mengenai cara untuk render ke AVI.. sebelum ini saya guna “Make Preview” sahaja dan beberapa texture seperti sky dengan raytrace tidak menjadi..

    saya ada pertanyaan, boleh kah kita memasukkan video ke dalam 3D tersebut seperti meletakkan gambar pada blok (menggunakan material editor)? sebagai contoh, dalam model saya, saya ingin memasukkan televisyen yang sedang berfungsi dan di skrin televisyen tersebut ingin saya letakkan video..

    kawan saya menggunakan VRML untuk memasukkan video, tetapi jika saya render file 3Ds Max 9 saya dari VRML, kesemua animation membuka “pivot door” tidak menjadi.. kalau boleh, tolong ajarkan saya memasukkan video menggunakan 3Ds MAx 9..

    • thx omar udah mengunjungi blog saya..
      setau saya untuk memasukkan video ke 3DS MAX 9 bisa dengan videopress (berbayar)
      tapi krn saya memilih yg gratisan-hehehe- maka saya meng-upload dulu video saya itu ke yotube, lalu saya sematkan ke blog saya ini..

    • arief rahman
    • November 9th, 2011

    thank ya ,,,,,,

  1. ijin Save page,,,hehehe..

    • iya silahkan..
      semoga membantu, semoga sukses🙂

  1. Desember 31st, 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: