Edubuntu, sebuah Open Source bagi pendidikan

Kalau bicara tentang Edubuntu, tentu kita akan mengarah pada distro linux yang satu ini, Ubuntu. Yup. Edubuntu memang masih keluarga dari Ubuntu.

Edubuntu adalah distro Linux yang dirancang untuk dipergunakan dalam sekolah/ruang kelas. Edubuntu merupakan singkatan dari akronim bahasa Inggris education Ubuntu, yang jika di terjemahkan menjadi : “pendidikan untuk semua orang”. Edubuntu merupakan varian dari Ubuntu.

Ubuntu selalu berkembang dari waktu ke waktu. Karena perkembangan itulah, menyebabkan Ubuntu memiliki nomor versi yang berbeda-beda. Perbedaan dari nomor versi Ubuntu adalah didasarkan oleh tahun dan bulan rilis dari masing-masing versi Ubuntu. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yang pertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004. Dan untuk versi yang terbaru saat ini 9.04 berarti dirilis pada april 2009. Penamaan pada versi ini juga berlaku pada Edubuntu.

Kumpulan aplikasi yang tersedia dalam edubuntu adalah:

  1. Taman Kanak-kanak – sesuai untuk anak-anak kurang dari 5 tahun
  2. Dasar dan Menengah – cocok untuk anak usia 5 – 12 tahun
  3. Menengah – sesuai untuk siswa usia 13 – 18 tahun
  4. Tertiary – cocok untuk universitas

Edubuntu lebih dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan komputasi server-workstation. Edubuntu menggunakan aplikasi thin client LTSP, terminal komputer tanpa disk.

Desktop Edubuntu sendiri masih menggunakan GNOME dan GDM sebagai display manager-nya. Aplikasi yang disertakan sendiri merupakan gabungan dari aplikasi-aplikasi GNOME dan KDE, namun diutamakan aplikasi-aplikasi pendidikan untuk anak umur 6 sampai 18 tahun.

Tujuan utama Edubuntu adalah untuk memungkinkan para pengajar dengan kemampuan teknik komputer yang terbatas membuat laboratorium komputer atau lingkungan pendidikan on-line dalam tempo singkat dan menatanya secara efektif.

Prinsip desain utama Edubuntu adalah manajemen terpusat untuk konfigurasi, pemakaian dan proses, serta fasilitas untuk bekerjasama dalam sebuah kelas. Juga gabungan berbagai perangkat lunak bebas dan bahan-bahan digital untuk pendidikan.

Aplikasi-aplikasi yang ada pada EDUBUNTU hampir sama dengan yang ada di ubuntu hanya saja ada tambahan aplikasi-aplikasi yang berguna untuk kegiatan belajar -mengajar. Berikut ini uraikan beberapa aplikasi pendidikan yang ada pada EDUBUNTU 9.04:

KSTARS

KStars merupakan aplikasi desktop palentorium atau sebuah alat untuk mengamati benda-benda di langit atau planet-planet dalam bentuk program komputer desktop. Selain dapat digunakan untuk menampilkan desktop planetorium, KStars juga dapat digunakan untuk kebutuhan lain misalkan menentukan awal bulan Qamariyah atau Hijriyah. Dengan adanya aplikasi KSTARS ini akan sangat memudahkan kita untuk mempelajari dan mengetahui bulan pada kalender Hijriyah.

KALZIUM

Nah, kalau aplikasi ini dapat digunakan untuk menemukan informasi tentang unsur-unsur kimia, atau untuk mempelajari fakta-fakta yang terkandung didalamnya dalam bentuk sistem periodik untuk unsur-unsur kimia secara elektronik. Visualisasi yang nampak dari aplkasi ini dalam bentuk blok, pengelompokan, sifat keasaman atau berbagai kepadatan (padat, cair dan gas), berat, massa, elektronegativitas hingga tahun diketemukannya dengan tampilan yang cukup menarik. Dengan aplikasi ini diharapkan siswa akan lebih senang dalam mempelajari mata pelajaran kimia yang selama ini dianggap sulit.

KMPLOT

KMPLOT adalah aplikasi yang dapat memplot fungsi-fungsi matematika dalam sistem koordinat kartesian, baik fungsi tunggal maupun untuk beberapa fungsi sekaligus. Aplikasi praktis ini cukup menarik digunakan bagi guru dan Siswa yang berada dalam jurusan IPA yang dapat digunakan dalam menghtung nilai maksimum dan minimum suatu fungsi, menghitung luas area diantara kurva dengan sumbu horizontal (sumbu x), perubahan parameter secara dinamis, hingga plotting fungsi-fungsi diferensial dan fungsi integral. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat menjadi solusi yang tepat untuk belajar matematika dengan lebih mudah dan menyenangkan.

KTOUCH

Ktouch merupakan aplikasi untuk berlatih mengetik dengan mengoptimalkan sepuluh jari. Dengan menggunakan program ini maka siswa akan lebih terampil dalam mengetik dengan sepuluh jari tanpa melihat ke arah keyboard (mengetik buta). Pada tampilan awal membuka program ini maka akan disuguhkan tingkatan level mulai dari yang tingkat dasar sampai dengan tingkat advance.

Itulah beberapa aplikasi pendidikan yang disediakan oleh Edubuntu 9.04. Tentunya masih banyak lagi aplikasi pendidikan yang dapat membantu siswa dalam memudahkan proses belajar.

Seperti yang telah diuraikan diatas bahwa aplikasi yang terdapat dalam Edubuntu merupakan gabungan dari aplikasi GNOME dan KDE. Berikut merupakan sedikit penjelasan mengenai GNOME dan KDE.

Lingkungan Desktop GNOME

GNOME adalah GNU Grafis Desktop, adalah default pada desktop Ubuntu, begitu juga dengan Edubuntu. Memberikan kemampuan manajer file, jaringan browser, menu, sistem dan alat-alat. GNOME juga menyediakan sebuah kerangka aplikasi, dan banyak aplikasi yang tersedia dalam Edubuntu telah dibuat dengan menggunakan kerangka GNOME. Edubuntu juga menyediakan tiga tema konfigurasi, ‘muda’, untuk pengguna muda, ‘biasa’ untuk membersihkan desktop setup, dan ‘standar’, yang merupakan tujuan umum tema setup.

KDE (K Desktop Environment)

Adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE berjalan pada banyak ragam sistem Unix, termasuk Linux, BSD dan Solaris. Terdapat pula versi KDE untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin.

Keunggulan utama KDE adalah kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabitilis, dan kekayaan fitur. KDE dikembangkan sejalan dengan KDevelop, paket pengembangan perangkat lunak, dan KOffice, paket aplikasi office.

Huruf “K” mulanya adalah untuk “Kool”, tetapi selanjutnya diganti menjadi “K” saja, yang berarti “Aksara pertama sebelum ‘L’ (untuk Linux) dalam alfabet Latin.”

KDE Edutainment Suite

KDE adalah lingkungan grafis. Proyek KDE memiliki sub-proyek bernama KDE Edutainment Suite, yang merupakan kumpulan software yang menyenangkan pendidikan yang menggunakan kerangka KDE . KDE aplikasi berjalan dengan baik di bawah GNOME. Tim Edubuntu telah menyertakan versi terbaru dari KDE Edutainment di Edubuntu.

GCompris

Gcompris adalah kumpulan koleksi aplikasi untuk taman kanak-kanak, Adalah baik untuk memperkenalkan anak-anak dari penggunaan awal komputer, bagaimana memperkenalkan dasar matematika, kegiatan membaca, dan banyak lagi.

Schooltool Kalendar

Dengan versi terbaru dari Ubuntu, Schooltool kini berfungsi sepenuhnya. Setelah terinstal, yang Schooltool Kalender dapat diakses dari Firefox web browser, dengan memasukkan “localhost: 7080” ke address bar.

OpenOffice.org Office Suite

Edubuntu termasuk OpenOffice.org versi 3. OpenOffice.org 3 mencakup banyak tambahan dan fitur baru. Yang terbaru adalah komponen OpenOffice.org Base, yang adalah database front-end. OpenOffice.org komponen lainnya termasuk pengolah kata, spreadsheet, presentasi, vector drawing sederhana dan web authoring.

Mencoba Ubuntu memang sangat mengasikkan, ditambah dengan aplikasi yang memang dikhususkan dalam dunia pendidikan. Menjadi semakin menyenangkan untuk dijelajahi.

Selamat mencoba..

Semoga tidak puas dengan ulasan diatas, agar Anda semakin terus ingin menggalinya..^_^
Sumber :

http://www.juraganlinux.net/

http://gudanglinux.com/

http://id.wikipedia.org/wiki/Edubuntu

http://ebenk789.co.cc/

http://bonavenfo.web.id/

http://www.edubuntu.org/

http://foss.unej.ac.id/

http://ajie.web.id/

  1. banyak fitur yang menarik..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: