Perkembangan Teknologi Informasi

Well, jika bicara tentang perkembangan dunia teknologi informasi kayaknya g pernah habis untuk dibahas. Hal ini karena perkembangannya yang pesat bahkan terlalu pesat. Kenapa saya bilang terlalu pesat? Karena kecepatan perkembangan dunia TI bukan linier tapi exponensial (w.o.w)
So, semakin luas-lah dunia TI tersebut dan akan semakin banyak pula beberapa bidang yang terkait dengan dunia TI.
Ok, itu tadi hanya pembukaan aja :)

Ada baiknya kita intip sedikit tentang teknologi informasi itu, ok?

Teknologi Informasi merupakan teknologi yang dibangun dengan basis utama teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer yang terus berlanjut membawa implikasi utama teknologi ini pada proses pengolahan data yang berujung pada informasi. Hasil keluaran dari teknologi komputer yang merupakan komponen yang lebih berguna dari sekedar tumpukan data, membuat teknologi komputer dan teknologi pendukung proses operasinya mendapat julukan baru, yaitu teknologi informasi.

Teknologi informasi disusun oleh tiga matra utama teknologi yaitu :

1. Teknologi komputer, yang menjadi pendorong utama perkembanganteknologi informasi.
2. Teknologi telekomunikasi, yang menjadi inti proses penyebaraninformasi.
3. Muatan informasi ataucontent informasi, yang menjadi faktorpendorong utama implementasi teknologi informasi.
Penemuan teknologi komputer sejak awal dimakudkan untuk membantu meringankan pekerjaan manusia agar lebih efektif dan efisien. Perkembangan komputer ini diikuti dengan lahirnya Internet yang mampu menyebarkan informasi dengan cepat tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Perkembangan teknologi komunikasi juga mengalami kemajuan yang pesat dari mulai ditemukannyatelegr aph (sistem komunikasi digital jarak jauh) pada tahun 1835, telepon pada tahun 1876, sambungan telepon jarak jauh menggunakan satelit pada tahun 1952 hingga telepon seluler digunakan secara luas pada tahun 1985.
Perkembangan muatan informasi diawali dengan berhasilnya Markoni membuat radio, ditemukannya kamera gambar bergerak dan televisi. Mulai tahun 1994 rangkaian kejadian penting dalam perkembangan Teknologi Informasi bermunculan dengan cepat.
Jenis Aplikasi Teknologi Informasi
Aplikasi teknologi informasi sangat terkait dengan aplikasi teknologi komputer dan komunikasi data dalam kehidupan. Hampir semua bidang kehidupan saat ini dapat memanfatkan teknologi komputer. Beberapa jenis aplikasi tersebut adalah :
1. Aplikasi di bidang sains
Contohnya adalah aplikasi astronomi (perbintangan).
2. Aplikasi di bidang teknik/rekayasa
Contohnya adalah pembuatan robot dengan menggunakan konsep kecerdasan buatan agar robot lebih bijak.
3. Aplikasi di bidang bisnis/ekonomi
Contohnya adalah e-business, e-marketing, e-commerce dan lain-lain.
4. Aplikasi di bidang administrasi umum
Contohnya adalah aplikasi penjualan/distribusi barang, aplikasi penggajian karyawan, aplikasi akademik sekolah dan lain-lain.
5. Aplikasi di bidang perbankan
Contohnya adalah e-banking, ATM, dan m-banking.
6. Aplikasi di bidang pendidikan
Contohnya adalah e-learning (distance learning).
7. Aplikasi di bidang pemerintahan
Contohnya adalah e-government dan aplikasi inventarisasi kekayaan milik negara (IKMN).
8. Aplikasi di bidang kesehatan/kedokteran
Contohnya adalah pemeriksaane kokar diogr af i yaitu suatu pemeriksaan non invasif untuk menegakkan diagnose penyakit jantung. Dengan menggunakan alat ini aktivitas otot-otot jantung bisa dilihat langsung dilayar monitor dan lainnya.
9. Aplikasi di bidang industri/manufaktur
Contohnya adalah simulasi komputer untuk ujicoba atas rancangan sistem baru.
10. Aplikasi di bidang transportasi
Contohnya adalah aplikasi untuk mengatur jadwal penerbangan pesawat terbang.
11. Aplikasi di bidang pertahanan keamanan
Contohnya adalah aplikasi sistem keamanan data dengan enkripsi.

Sekarang menurut kalian, produk TI apa yang sedang berkembang? berikut ini adalah beberapa produk dari perkembangan teknologi informasi yang saya ambil dari sini :

  • Sharp Galapagos Tablet Android 5 Inchi & 10.8 Inchi yang bisa jadi e-book reader

Sharp telah mengumumkan 2 produk tablet baru bernama Sharp Galapagos yang merupakan tablet Android yang memiliki keunggulan sebagai ebook reader juga dari layanan ebook berbasis Cloud dari Sharp yang juga bernama Galapagos. Tablet yang lebih kecil berukuran 5 Inci memiliki resolusi 1024 x 600px yang datang dalam warna hitam dan merah dengna trackball yang bisa digunakan untuk berganti halaman. Untuk versi 10.8 inci, mendukung resolusi 1366 x 800px (bandingkan dengan iPad yang memiliki ukuran 9.7 inci dan resolusi 1024×768px).

Kedua perangkat ini mendukung Wi-Fi dan bisa digunakan untuk surfing web, melihat dokumen PC, bermain game dan berbagi komentar serta rekomendasi mellui aplikasi “social app” yang sudah terinstall.

Toko ebook dari Sharp ini akan menyajikan kurang lebih 30.000 majalah, koran dan buku-buku yang akan tersedia dengan plan service/content saat diluncurkan Desember nanti di Jepang.

  • Layar & Aplikasi SpatialView menghadirkan 3D pada iPhone, iPod Touch dan Android

SpatialView, sebuah perusahaan yang mengembangkan sebuah aplikasi perangkat lunak dan solusi perangkat keras yang memungkinkan pengguna untuk menonton film stereoscopic 3D dan gambar 3D tanpa kacamata pada perangkat  iPhone dan Android.

Aplikasi 3DeeCentral untuk iPhone akan muncul pertama sebelum versi Android. Aplikasi ini adalah portal ke toko film online di mana pengguna akan dapat men-download konten yang dirancang untuk bekerja bersama dengan SpatialView 3DeeSlide yang merupakan nama teknologi layar tambahan dengan lensa khusus dari SpatialView untuk menampilkan 3D yang bekerja dalam modus potret dan lansekap dan juga mendukung sentuhan.

Aplikasi iPhone telah disampaikan kepada Apple untuk persetujuan, dengan sebuah aplikasi Android dalam pengembangan juga.   Menurut Bisnis Insider, kesan sementara dari solusi Spatialview walau tidak menarik seperti menonton 3D pada layar yang lebih besar  namun menganggapnya “mengagumkan” dan merupakan perkembangan menarik untuk segmen smartphone.

Pada awalnya, toko online 3D ini mungkin dibatasi dengan konten terbatas saat peluncuran, namun berdasarkan masukan dan ketertarikan pengguna akan ditambahkan dari waktu ke waktu. Aplikasi dan layar/screen diharapkan akan sudah dipasarkan pada musim gugur 2010 ini. Layar iPhone ini diharapkan dijual dengan harga di bawah $ 20 dan akan bekerja pada iPhone 3G  dan 3GS. Layar untuk 4 iPhone, perangkat iPad dan Android juga akan tersedia setelah peluncuran awal.

  • Sony Walkman s750 PMP yang ultra slim

Sony menambah anggota baru keluarga Walkman yang dimilikinya yaitu  Sony Walkman S750 ultra ramping baru yang hanya berukuran tebal 7.2mm . Menggunakan casing aluminium, S750 ini memiliki tampilan metalik. Memiliki fitur Digital Noise Cancelling, Clear Bass, Clear Stereo dan teknologi DSEE dan dilengkapi dengan headphone EX di-telinga vertikal, untuk memberikan kualitas suara yang luar biasa. Akan dipasarkan di bulan Oktober, ada dua model yang tersedia, NWZ-S755 16GB dan 8GB NWZ-S754.

Walkman S750 mendukung MP3, WMA, AAC, PCM / WAC, AAC audio serta AVC (H.264/AVC) Baseline Profile, MPEG-4 dan file video WMV. MP3 Player ini memiliki layar QVGA LCD 2-inci dan memiliki radio FM dan perekam suara. Pemutar Walkman baru ini juga menawarkan teknologi SensMe yang menganalisis perpustakaan musik Anda, secara otomatis menciptakan serangkaian 10 saluran bertema; Lyrics Sync, Karaoke Mode, dan Mode Belajar Bahasa.

Sony S750 mendukung output TV melalui A opsional / kabel output V, memungkinkan pengguna untuk menikmati video pada layar dengan cerah resolusi 480 x 720px. Baterai built-in b menawarkan hingga 50 jam pemutaran musik dan 10 jam pemutaran video. Sony Walkman S750 beratnya hanya 55g dan datang dalam warna Hitam, Putih, Biru, Light Pink, dan Gold.

Beberapa produk diatas hanya sebagian kecil dari perkembangan di dunia teknologi informasi, atau bahkan mungkin saat ini ada produk lain yang segera diluncurkan dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Disatu sisi, teknologi memiliki peran memudahkan segala tugas dan bidang kehidupan manusia. Namun, jika dipakai secara berlebihan dan tidak pada porsinya akan membuat kelalaian pada diri.  Misal penggunaan media jejaring sosial yang berlebihan akan membuat diri lalai menikmatinya dibanding memikirkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Sehingga lebih tertarik menikmati produk yang ada dibanding menciptakan produk baru. Maka sudah selayaknya perkembangan teknologi harus disikapi dengan bijak. Bagaimanapun sebuah teknologi, tentu memiliki dampak, baik secara langsung ataupun tidak.

Penyikapan dengan tepat yang sesuai dengan kebutuhan akan menjadi cara yang bijak dalam menanggapi pesatnya teknologi informasi. Serta menjadikan teknologi tersebut sebagai media pendukung kreatifitas yang positif.

Sumber :

http://beritateknologi.com/

http://www.scribd.com/doc/3190372/Materi-3-Perkembangan-Teknologi-Informasi-di-Indonesia

  1. siip,,,

    • siip juga :)

  2. nice info mba, syukron

    • jazakallah :)
      btw, ini yazid 26 y?

  1. Agustus 1st, 2012
  2. Agustus 29th, 2012

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: